Sejarah Polonia on Youtube

Polonia/Tropenmuseum

Kutakita – Polonia berasal dari nama Latin Polandia. Penamaan ini tidak lepas dari sosok Baron Ludwig Michalski seorang berbangsa Polandia atas jasanya kepada Sultan Deli Mahmud Al Rasyid dalam membangun “Gardekorps nach europäischem Vorbild” sebuah Korps Pengawal Sultan seperti pengawalan raja di Eropa. Karena jasanya kepada kerajaan Deli, Sultan memberikan hadiah tanah yang sangat luas.

Pada tanggal 14 Desember 1869 Baron Michalski menerima kontrak konsesi lahan seluas 2000 bidang di Lanskap Kampung Baroe dan Lama Urung Sukapiring. Kontrak itu tercatat hak pemakaian tanah selama 75 tahun. Michalski menamakan tanah itu Polonia, sama seperti penyebutan negerinya Polandia. Lalu dia membangun Onderneming (perkebunan) Polonia yang difokuskan pada penanaman tembakau.

Pada tahun 1875 Michalski kembali ke Swiss. 4 Tahun kemudian tahun 1879, dia menjual hak sewa perkebunan Polonia kepada Deli Maatschappij perusahaan Tembakau Deli milik seorang Belanda bernama Jacob Nienhuys.

Pada tahun 1924 Deli pun menjadi sibuk saat terdengar kabar bahwa penerbang Belanda bernama Jan Thomassen Thusessink van der Hoop akan menerbangkan pesawat Fokker dari Eropa ke Hindia Belanda untuk pertama kali dalam sejarah. Maka pemerintah Kolonial di Medan berinisiatif menjadikan tanah perkebunan Polonia yang ditinggalkan Baron Michalski itu menjadi alternatif pertama di Medan.

Untuk proses pembuatan video ini kami mengucap terima kasih kepada :

Kol. PNB J.H. Ginting, S.Sos – Danlanud Soewondo

Lettu Sus Jamil – Kapentak Lanud Soewondo

Serka Heri – Pilot Drone

Seluruh Kru Lanud Soewondo

Eye Filmmuseum Amsterdam

Tropenmuseum Amsterdam

www.gov.pl

Sejarah Bandara Polonia bisa disaksikan :

https://youtu.be/dr8l_bst3MU

Di Channel Aron Arts

https://www.youtube.com/AronArts

Bagikan
Baca Juga  Sejarah Jalan Medan Berastagi on YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published.