Audiensi ke Kantor Danlanud Soewondo

KutaKita – Jumat, 5 November 2021 Direktur Aron Arts Joey Bangun audiensi ke kantor Danlanud Soewondo. Kol PNB J.H. Ginting. Audiensi ini untuk memenuhi undangan Danlanud atas apresiasi karya-karya Joey Bangun di Channel YouTube Aron Arts.

Danlanud sangat mengapresi konten-konten YouTube yang mengangkat sejarah terutama sejarah Sumatera Utara. Danlanud mengajak agar Aron Arts menggali lagi sejarah Bandara Polonia dan membuat videonya agar semua orang mengetahui sejarah bandara tertua di Medan itu.

Polonia dahulu adalah wilayah perkebunan tembakau Deli yang dikontrak Baron Michalsky seorang berbangsa Polandia (Polonia). Michalsky mengontrak wilayah perkebunan itu kepada Sultan Deli melalui Belanda tahun 1872. Bandara ini dibuka tahun 1928, diawali dengan kedatangan 6 pesawat Pos. Penerbang Belanda pertama bernama Van der Hoop tercatat datang membawa pesawat Fokker dari Eropa tiba dalam 20 jam penerbangan.

Pertemuan itu diakhiri dengan foto bersama di spot foto yang memang sudah dipersiapkan. Di spot foto itu ada tulisan berbahasa Karo dibawah bendera yang menjadi latar belakang. Tulisan itu PAGUH TERTEKI yang artinya KOKOH TERPERCAYA!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *